Jumat, 16 Februari 2018

5 Contoh Perangkat Lunak Komputer Dan Fungsinya

Sebagaimana kita ketahui, di dalam komputer kita terdapat dua komponen utama yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras komputer disebut juga dengan hardware sedangkan perangkat lunak disebut dengan software. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin mengajak pembaca sekalian untuk mengenal tentang salah satu dari dua macam perangkat komputer ini yaitu perangkat lunak komputer. 

http://delamancha.co.uk

5 Contoh Perangkat Lunak Komputer Dan Fungsinya


Untuk mempermudah pembahasan kita agar tidak terlalu luas, di sini kita akan mengambil contoh dari 5 jenis perangkat lunak komputer beserta penjelasan singkatnya.

1. Perangkat lunak sistem

Apa itu perangkat lunak sistem ? Yaitu sebuah perangkat lunak dasar yang pertama kali dipasang di dalam komputer kita. Fungsi perangkat lunak ini sebagai sistem yang induk dari perangkat lunak lainnya yang ada di komputer nantinya. Perngkat sistem juga berfungsi untuk mengaktifkan fungsi perangkat keras komputer agar berfungsi sebagaimana mestinya. Contoh perangkat lunak sistem diantaranya Microsoft Windows, Mac, Linux dan berbagai perangkat sistem yang sejenisnya.

2. Perangkat Aplikasi

Sama seperti smartphone anda, di dalam komputer juga terdapat aplikasi atau program yang memiliki fungsi sendiri – sendiri. Itulah perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak ini berfungsi sebagai aplikasi yang berguna untuk membantu tugas – tugas penggunanaya. Contoh perangkat lunak aplikasi yaitu seperti Office, Media Player, Adobe Photoshop dan berbagai macam software lainnya yang sejenis.

3. Perangkat lunak Virus
Anda tentu tidak asing lagi dengan virus komputer. Oleh karena itu hampir semua komputer yang digunakan manusia dibekali dengan perangkat lunak pelindung yang akan kita bahas setelah ini. Virus komputer juga termasuk perangkat lunak, yaitu perangkat lunak perusak, yang sengaja dibuat untuk merusak sistem komputer sehingga terjadi eror dan komputer tidak bisa kita gunakan lagi. Contohnya ada banyak sekali seperti virus shortcut, ransomeware, dan lain sebagainya.

4. Perangkat lunak Antivirus

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, perangkat lunak perusak (Virus) perlu dilawan dengan perangkat lunak pelindung. Perangkat lunak pelindung ini sering disebut dengan istilah Antivirus. Fungsi atau guna dari perangkat lunak ini adalah melindungi komputer dari bahaya virus komputer yang berbahaya. Contoh perangkat lunak antivirus ini ada banyak juga, saya sendiri gunakan smadav.

5. Perangkat Lunak Maintenance

Perangkat lunak lainnya yaitu perangkat maintenance, yaitu sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk melakukan maintenance atau perawatan komputer seperti menghapus file – file sampah di komputer, membereskan registry, melakukan defrag hardisk dan lain sebagainya. Ini termasuk perangkat lunak maintenance. Contohnya ada banyak juga seperti tuneup utiliti, ccleaner dan perangkat lunak sejenisnya.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon